Halaman

Minggu, 06 Mei 2012

Sahabat (?)


          Sahabat, satu kata yang tentunya sudah sangat kita kenal. Bahkan kita mungkin sudah sangat akrab dengan kata itu. Satu kata yang mempunyai banyak arti. Ada yang mengatakan, kalau sahabat itu memiliki arti yang sangat indah dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Tapi ada yang mengatakan, kalau sahabat itu tidak ada, karena yang ada hanya teman, yang selalu membuat kesalahan. Ada yang mengatakan, kalau sahabat itu orang yang selalu ada dalam  suka maupun duka. Tapi ada pula yang mengatakan, kalau sahabat itu orang yang datang hanya kalau ada maunya saja, dan tidak peduli pada sahabatnya jika sedang kesusahan. Dan, masih banyak lagi definisi sahabat menurut banyak orang.
Bagaimanapun juga sahabat adalah manusia. Dan setiap manusia, pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan.
Sebaik apapun sahabat itu, pasti juga pernah melakukan kesalahan. Baik yang tak sengaja dia lakukan, atau mungkin memang yang benar-benar disengaja. Tapi, untuk sahabat yang pernah melakukan kesalahan yang disengaja, bila tidak disertai alasan yang logis, bisa dikatakan memang dia itu bukan sahabat, tapi hanya serigala berbulu domba. Dan apabila ada sahabat yang pernah melakukan kesalahan dengan disengaja, tapi mempunyai alasan yang logis seperti; terpaksa, terkena ancaman, dsb; itu berarti dia masih berjiwa sahabat walaupun dia memang melakukan kesa-lahan yang cukup besar pada sahabatnya.
Sahabat, apapun artinya itu, kita tidak bisa mengikuti apa kata orang lain. Hanya hati kita masing-masing yang dapat menyimpulkan, apakah sa-habat itu ada, atau tidak. Hanya diri kita sendiri yang dapat menemukan, apa itu arti sahabat.
Mungkin presepsi yang kita peroleh nanti akan berbeda tentang sahabat. Tapi intinya, saha-bat itu ada di setiap kita membutuhkan, tapi mungkin tidak ada jika kita menginginkan.
Sahabat, sekali lagi tergantung pada diri kita. Dan sahabat sejati, adalah sahabat yang memang selalu ada, baik saat kita membutuhkan maupun menginginkannya.


 
Some Wise Word
A friend is somebody who come if we want, but a best friend is somebody who come if we need.

Somebody who always be there in love and grief, called best friend.

If there is no best friend, so where will we complain when there is a problem?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Satu Bulan Internsip

Hola, ternyata sudah satu bulan tidak menulis. Padahal terlalu banyak kegelisahan-kegelisahan yang dialami dalam satu bulan ini, haha. Tap...